Kamis, 24 Januari 2013

Tunda bangun tidur 10 menit, mengurangi resiko stroke.

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Pagi bangun tidur, lakukan senam selama 10 menit ditempat tidur, Ini akan bermanfaat bagi memperkuat berbagai organ tubuh dan bisa mencegah penyakit pembuluh darah otak dan jantung.

1. Sisir rambut dengan jari selama 1 menit : Mulai dari kening / jidat

kebelakang sampai batas rambut belakang, lakukan merata seluruh kepala, akan dapat melancarkan peredaran darah dikepala, menambah volume darah di otak, dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah otak dan dapat membuat rambut hitam bercahaya.

2. Pijat daun telinga selama 1 menit : Lalu pijat ke dua daun telinga, sampai terasa panas, daun telinga mempunyai banyak acupoint yang mempengaruhi seluruh tubuh, ini dapat melancarkan qi meridian. Khusus terhadap gejala telinga mendenging, mata kunang2 dan mudah lupa mempunyai khasiat yang baik.

3. Putar bola mata selama 1 menit : Putar searah jarum jam dan sebaliknya dapat melatih otot mata dan membuat mata terang.

4. Lain2 di muka : Pijat hidung, gatuk2kan gigi akan dapat menyehatkan gigi. Khususnya akar gigi. Putar2 lidah akan dapat membuat lidah tidak kaku dan tetap memelihara kepekaannya.

5. Regangkan anggota badan: Melalui gerakan2 ini akan membuat aliran darah kembali mengalir keseluruh tubuh, dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah otak dan jantung, Menambah / melincahkan anggota badan.

6. Usap pusar selama 1 menit: Usap melingkar pusar dengan kedua telapak

bergantian, lingkaran agar lebar sampai lk 4 jari diatas dan dibawahnya. Akan berakibat positif bagi pencegahan stroke dan memperkuat qinjal.

7. Kempiskan perut dan tahan dubur 1 menit : Dengan berulang kali mengempiskan perut dan mengangkat / menahan dubur, disamping dapat memperbaiki fungsi seksual, juga mencegah wasir dan kencing yang tidak tertahan.

8. Pijat telapak kaki 1 menit : Gunakan tumit untuk memijat telapak kaki

bergantian, membuat telapak terasa hangat, dapat menguatkan limpa lambung, menghidupkan meridian dan membuat tenang.

9. Bolak balik 1 menit : Miring kanan kiri dengan perlahan2, guna melenturkan otot pinggang dan otot tulang belakang.

SUNNAH-SUNNAH KETIKA BANGUN TIDUR


1. Mengusap bekas tidur yang ada di wajah dengan tangan

Menurut Imam an-Nawawi dan al-Hafizh Ibnu Hajar, hal ini dianjurkan berdasarkan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bangun tidur kemudian duduk sambil meng-usap bekas tidur dari wajahnya dengan tangannya." (HR. Muslim no.763).

2. Berdo'a ketika bangun tidur

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَاأَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

ALHAMDULILLAAHILLADZII AHYAANAA BA'DAMAA AMAATANAA WA ILAIHIN NUSYUUR

"Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia mewafatkan (menidurkan) kami, dan kepada-Nya kami dibangkitkan." (HR. Al-Bukhari no.6312 & Muslim no.2711)

3. Bersiwak

"Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak." (HR.Bukhari 245 & Muslim 255)

4. Ber-istintsar

Yaitu, mengeluarkan/menyemburkan air dari hidung sesudah menghirupnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Apabila seorang di antara kalian bangun tidur, maka ber-istintsarlah tiga kali, karena sesungguhnya syaitan bermalam di ujung (rongga) hidungnya." (HR.Bukhari 3295 & Muslim 238)

5. Mencuci kedua tangan tiga kali

Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:
"Apabila salah seorang kalian bangun tidur, janganlah ia memasukkan tangannya ke dalam bejana sebelum ia men-cucinya tiga kali." (HR.Bukhari 162 & Muslim 278)

Sumber: Lebih Dari 1000 Amalan Sunnah Dalam Sehari Semalam, Khalid al-Husainan, Pustaka Imam Syafi’i, Hal.5-6

Sumber : www.kisahislam.net dan www. facebook.com

“Barangsiapa yang mengajak kepada petunjuk, maka baginya ada pahala yang sama dengan pahala orang yang mengikutinya dan tidak dikurangi sedikitpun juga dari pahala-pahala mereka.” (HR Muslim no. 2674).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Amru Abdul Azis By : AYCUNA aycuna-corp.blogspot.com